BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / WISATA LUAR JOGJA / Dieng Tour Wonosobo

Dieng Tour Wonosobo

Dieng Tour Wonosobo

day3-05-welcome-to-dieng1-300x219

Objek wisata pegunungan Dieng atau Dieng Plateu area adalah sebuah kawasan objek wisata yang terletak di Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah. Dieng merupakan objek wisata berupa kawasan dataran tinggi yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks gunung Sindoro dan gunung Sumbing.

Dieng adalah kawasan vulkanik aktif dan merupakan gunung api raksasa dengan beberapa kepundan kawah. Ketinggian rata-rata adalah sekitar 2.000 m di atas permukaan air laut. Suhu di daerah ini berkisar 12—20°C di siang hari dan 6-10°C di malam hari. Pada musim kemarau sekitar bulan Juli dan Agustus, suhu udara dapat mencapai 0°C di pagi hari dan memunculkan embun beku yang oleh penduduk setempat disebut bun upas (“embun racun”) karena dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian disekitar pegunungan.

Secara administrasi, Dieng merupakan wilayah Desa Dieng kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara dan Dieng (“Dieng Wetan”), Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Wilayah ini merupakan salah satu wilayah paling terpencil di Provinsi Jawa Tengah. Untuk mencapai objek wisata ini dibutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor dari wilayah Yogyakarta atau 3 jam perjalanan dari kota Magelang dan sekitarnya.

Objek wisata

Terdapat beberapa lokasi atau objek wisata yang bisa anda kunjungi di kawasan pegunungan Dieng ini mulai dari telaga, kawah, candi dan objek menarik lainnya yang bisa kami rangkum dibawah ini.

  1. Telaga

640px-Telaga_Warna_Dieng_Plateau_7493145002-300x200

Terdapat beberapa telaga yang indah dan memiliki keunikan diantaranya adalah telaga warna, pengilon, dan telaga merdada. Telaga warna adalah sebuah telaga yang sering memunculkan nuansa warna merah, hijau, biru, putih, dan lembayung. Telaga pengilon yang letaknya bersebelahan persis dengan Telaga Warna, memiliki warna air yang unik yaitu bening seperti tidak tercampur belerang. Keunikan lain adalah yang membatasi Telaga Warna dengan Telaga Pengilon hanyalah rerumputan yang terbentuk seperti rawa kecil. Telaga Merdada adalah merupakan yang terbesar di antara telaga yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Airnya yang tidak pernah surut dijadikan sebagai pengairan untuk ladang pertanian. Bahkan Telaga ini juga digunakan para pemancing untuk menyalurkan hobi atau juga wisatawan yang sekadar berkeliling dengan perahu kecil yang disewakan oleh penduduk setempat.

2. Kawah

maxresdefault (2)

Terdapat beberapa kawah unik dan eksotik yang bisa anda jumpai disini diantaranya yang paling terkenal dan sering dikunjungi oleh wisatawan adalah kawah sikidang. Sikidang adalah kawah di Dataran Tinggi Dieng yang paling populer dikunjungi wisatawan karena paling mudah dicapai. Kawah ini terkenal karena lubang keluarnya gas selalu berpindah-pindah di dalam suatu kawasan luas. Dari karakter inilah namanya berasal karena penduduk setempat melihatnya berpindah-pindah seperti kijang (kidang dalam bahasa Jawa).

3. Candi

13442443981245074646

Di kawasan dataran tinngi Dieng terdapat beberapa peninggalan bangunan candi yang sekarang menjadi objek wisata favorit yang sering dikunjungi wisatawan salah satunya adalah komplek percandian Arjuna. Candi Arjuna merupakan salah satu bangunan candi di kompleks percandian Arjuna. Di kompleks ini juga terdapat candi Semar, candi Srikandi, candi Puntadewa, dan candi Sembadra. Candi Arjuna terletak paling utara dari deretan percandian di kompleks tersebut. Sementara itu, Candi Semar adalah candi perwara atau pelengkap dari Candi Arjuna. Kedua bangunan candi ini saling berhadapan. Seperti umumnya candi-candi di Dieng, masyarakat memberikan nama tokoh pewayangan Mahabaratha sebagai nama candi.

4. Museum Dieng Kailasa

Museum Kailasa Dieng

Museum Kailasa Dieng, menyimpan berbagai macam artefak kuno dan memberikan informasi tentang alam (geologi, flora-fauna), masyarakat Dieng (keseharian, pertanian, kepercayaan, kesenian) serta warisan arkeologi dari Dieng. Memiliki teater untuk melihat film (saat ini tentang arkeologi Dieng), panggung terbuka di atas atap museum, serta restoran. Di sini juga terdapat berbagai villa dan penginapan bagi anda yang ingin menghabiskan hari di kawasan dataran tinggi Dieng yang eksotik.

Inilah berbagai objek wisata utama yang bisa anda kunjungi di kompleks dataran tinngi Dieng. Selain terkenal sebagai lokasi wisata utama di kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo, kawasan Dieng juga merupakan daerah penghasil sayuran dan buah carica yang terkenal yang didistribusikan di seluruh wilayah Provinsi Jawa Tengah. Bagi anda yang mempunyai rencana mengunjungi objek wisata dataran tinggi Dieng bersama rombongan keluarga atau rekan kerja bisa memanfaatkan jasa transportasi sewa mobil hiace dan bus atau rental mobil murah dari Jogja dan Magelang sehingga perjalanan wisata anda aman serta nyaman.

Selamat berwisata…

 

About Admin

Check Also

Solo Kota Budaya

Solo Kota Budaya Solo atau Surakarta merupakan kota budaya dan kota pariwisata yang terkenal di Jawa ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *