BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Home / WISATA JOGJA / Tradisi masangin yang makin populer

Tradisi masangin yang makin populer

 Tradisi masangin yang makin populer

14242296279421-300x200

Beringin kembar alun alun selatan

Alun alun selatan kota Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata murah dan memiliki keunikan tersendiri. Yogyakarta memiliki dua pusat berkumpul atau biasa disebut alun alun, yaitu alun alun utara dan alun alun selatan. Alun alun utara berada di sebelah utara kompleks keraton, sedangkan alun alun selatan letaknya berada di sebelah selatan kompleks keraton Yogyakarta.

Satu hal yang istimewa dari alun alun selatan ini adalah keberadaan dua beringin yang ada di tengah alun alun. Beringin ini disebut oleh masyarakat sekitar sebagai beringin kembar karena memiliki ciri dan bentuk yang hampir sama. Keberadaan beringin ini juga memiliki cerita mitos dan tradisi yang masih dipercaya hingga saat ini. Tradisi inilah yang menjadi daya tarik wisata yang membuat lokasi ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama pada sore dan malam hari.

Masangin adalah nama tradisi yang begitu populer di alun alun selatan. Masangin merupakan singkatan dari kata ‘masuk diantara beringin’ memiliki mitos yang cukup unik yaitu apabila kita bisa masuk dan berjalan lurus diantara dua buah pohon beringin kembar dengan mata tertutup, maka apa yang kita harapkan akan segera terkabul. Namun terlepas dari kepercayaan masing masing tentang mitos ini, alun alun selatan selalu menarik untuk anda kunjungi ketika ingin menghabiskan waktu petang anda bersama keluarga.

Wisata Malam, Alun-alun Kidul, Yogyakarta | TRAVELTAMagz.com

Becak lampion

Selain tradisi masangin yang unik, ada wahana sepeda atau becak lampion yang menawarkan sensasi naik kendaraan bersama empat orang dengan cara dikayuh yang masing masing becak dihiasi lampion yang unik. Rute yang ditempuh adalah mengelilingi alun alun selatan dengan harga sewa Rp. 35 ribu satu kali putaran. Disini terdapat banyak sekali penyewaan becak lampion yang berjajar dipinggir jalan menghiasi alun alun selatan dengan nuansa khas Jogja yang bisa anda nikmati.

Selain keberadaan becak lampion dan tradisi masangin, terdapat beberapa pedagang kaki lima yanng berjualan di sisi timur alun alun selatan atau alun alun kidul ( alkid ) ini. Mereka menawarkan aneka makanan khas kota Jogja mulai dari wedang ronde, nasi kucing, gorengan, hingga jagung bakar. Anda bisa menikmati santapan ringan nan lezat ini sambil bersantai dilesehan sekitar alun alun dan menghabiskan waktu petang anda bersama keluarga atau rekan anda. Harga untuk setiap makanan juga murah dan terjangkau, jadi sangat cocok untuk anda yang ingin berwisata murah bersama keluarga.

Inilah sedikit ulasan tentang alun alun selatan yang bisa menjadi pilihan wisata murah anda terutama untuk bersantai di sore atau malam hari bersama rekan atau keluarga. Bagi anda yang ingin menghabiskan waktu petang anda di pusat kota Jogja, maka alun alun selatan adalah lokasi yang tepat dan patut anda kunjungi setelah seharian berwisata di tempat yang jauh dari kota Yogyakarta.

Semoga informasi ini bermanfat dan terimakasih..

About Admin

Check Also

wajah-baru-malioboro-yogyakarta

Malioboro

  Malioboro Jogja… Malioboro adalah nama sebuah jalan yang ada di kota Yogyakarta yang sangat ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.